Solusi COVID-19

Balikpapan dinobatkan sebagai kota paling dicintai di Dunia

Jakarta - Balikpapan dinobatkan sebagai kota Paling dicintai di Dunia, Balikpapan dinobatkan sebagai The Most Lovable Sustainable City for ...

Jakarta - Balikpapan dinobatkan sebagai kota Paling dicintai di Dunia, Balikpapan dinobatkan sebagai The Most Lovable Sustainable City for 2015 atau kota paling dicintai di dunia dalam kampanye We Love Cities. Penghargaan ini merupakan bagian dari program WWF’s Earth Hour City Challenge 2015 yang digelar di Seoul, Korea Selatan, baru-baru ini.

Walikota Balikpapan, Rizal Effendi, menerima langsung penghargaan tersebut dari Co-Chairman WWF Jean Paul Paddack, di Seoul, Korea Selatan. Demikian siaran pers diterima Jakartaforum dari Asosiasi Duta Wisata Indonesia (Adwindo) yang  ditandatangani Adi Pratama Wicaksana selaku ketua umum Adwindo di Seoul, Korea Selatan, Rabu (13/5/2015).


Balikpapan mengalahkan 44 kota di seluruh dunia yang bersaing dalam ajang tersebut. Di dalam negeri, Balikpapan bersaing dengan Semarang dan Jakarta.  Seperti diketahui, tujuan berjalannya program ini agar warga Balikpapan bisa mencintai kotanya sendiri.

Ada empat aspek tematik yang menjadi tujuan We Love Cities. Yakni di bidang energi, limbah, transportasi, dan green building. Ketika melakukan voting, masyarakat diajukan beberapa pertanyaan seputar program lingkungan dari pemerintah kota.

Puteri Duta Wisata Manuntung Balikpapan 2015, Maya Elvira, menuturkan harapannya agar penganugerahan Kota Balikpapan sebagai The World’s Most Loveable City 2015 bisa dijadikan momentum untuk meningkatkan tingkat kunjungan ke Balikpapan.

“Dunia mengakui bahwa Balikpapan merupakan kota yang sangat loveable. Bagi saya, ini merupakan peluang bagi kita untuk menarik lebih banyak wisatawan. Tetapi masyarakat Balikpapan harus memberikan kesan yang baik kepada para wisatawan agar mereka kembali lagi di masa yang akan datang. Saya menghimbau segenap masyarakat, tertutama anak muda untuk menjadi bagian dari pengembangan pariwisata kita,” tutur Maya.

Ditambahkan Putera Duta Wisata Manuntung Balikpapan 2015, Jevon Samuel, bahwa pentingnya peran serta masyarakat untuk mengoptimalkan promosi berbagai potensi wisata. “Saat ini industri pariwisata kita tengah berbenah, infrastruktur pendukung pariwisata terus dibangun. Berbagai objek wisata baru mulai dikemas dengan apik, sembari tetap mengembangkan kembali objek wisata yang telah lama dikenal. Peran serta masyarakat untuk mempromosikan potensi pariwisata kita tentu merupakan sebuah peluang yang harus dikembangkan oleh pemerintah. Kemenangan Balikpapan sebagai Kota paling dicintai seharusnya menjadi langkah yang awal untuk menciptakan rasa cinta dari Masyarakat terhadap Kota Balikpapan,” kata Jevon.

Dengan Balikpapan dinobatkan sebagai The Most Lovable Sustainable City for 2015, pariwisata Kalimantan Timur diharapkan bisa terus bertumbuh dan menikmati secara langsung pemasukan yang berasal dari sektor pariwisata. Seiring dengan waktu, jumlah target kunjungan wisatawan selalu meningkat dari tahun ke tahun dan Kota Balikpapan bukan tidak mungkin menjadi salah satu destinasi wisata alternatif Indonesia dengan berbagai keindahan alam yang dimiliki dan juga Kota yang ideal untuk berbagai event MICE.

Peningkatan peran para duta wisata juga menjadi salah satu concern utama, mengingat pemberdayaan Duta Wisata merupakan salah satu potensi pengembangan yang sangat efektif bagi pengembangan pariwisata Balikpapan. @Rudi/JF

Konsultan HRD

Related

Peristiwa 612744505972271682
Informasi Berita Terbaik Rekomendasi

Jakarta Forum via Twitter

Terbaru

Populer

Random

item